Selamat Datang Di Blog KPA GEMPALA silahkan berikan komentar!!!!!!!

Kamis, 17 November 2011

SEJARAH TERBENTUKNYA KPA GEMPALA

KPA GEMPALA merupakan salah satu ekskul yg berada d SMAN 1 CILAKU CIANJUR, berdiri pada 5 Juli 1989 dan diresmikan pada 22 November 1990..Dengan pembina pertama DR. Fina Rosa




K = KELOMPOK
P = PECINTA
A = ALAM


GEMPALA = GENERASI MUDA PECINTA ALAM


 
Symbol dr KPA GEMPALA

Filosofi dr Symbol: 

Tulisan Gempala = Sebagai Identitas diri dari KPA GEMPALA
Bara Api Merah Menyala = Menggambarkan semangat dr para anggota yang selalu mengobarkan api semangat dr dalam dirinya
Lingkaran warna Hijau = menggambarkan lingkaran sebagai tanda kesetaraan umat manusia di mata sang Pencipta (ALLAH S.W.T) & kebersamaan antar anggota dan  warna hijau mencerminkan alam Indonesia yang hijau.

Dalam organisasi KPA GEMPALA keanggotaan berlaku untuk seumur hidup, walaupun sudah tidak terdaftar sebagai murid di sekolah, kecuali anggota tersebut di keluarkan atau mengeluarkan diri.

Ada beberapa tahapan pendidikan untuk menjadi anggota KPA GEMPALA
1. Pendidikan Nomor
Pendidikan ini dilakukan untuk mendapatkan nomor induk angkatan (NIK), biasanya pendidikan ini dilakukan dengan melakukan sebuah perjalanan menapaki jejak alam.
2. Pelantikan Syal
Pleantikan ini dilakukan untuk salah satu syarat agar para calon anggota mendapatkan Syal KPA GEMPALA. Biasanya pelantikan ini dilakukan dengan mengadakan perjalanan yang tidak terlalu jauh dan diteruskan ng-camp sambil tes mental & fisik ala semi militer,,,(kata para anggota c,,,pendidikan ini yang paling berkesan,,,paling cape,paling sakit,paling kotor,paling jorok,,,,paling segalanya deeeh,,)tapi tentunya paling berkesan
3. Pendidikan BET
Pendidikan ini merupakan pendidikan terakhir para calon anggota untuk di SAH kan menjadi anggota. Diadakannya pendidikan ini, bertujuan untuk mendapatkan BET dengan kegiatan yang sering dilakukan dengan MOUNTAINERING tp jaman senior'' dulu ada yang dengan susur pantai

Seiring perkembangan zaman dari masa kemasa para anggota,,tidak terlalu banyak yang terseleksi, paling banyak 1 angkatan 10 orang saja..
Adapun agenda latihan dari KPA GEMPALA dilakukan setiap hari SABTU, tempatnya bergantung pada materi yang akan diberikan kepada para calon anggota.

KEGIATAN - KEGIATAN
Selain kegiatan-kegitan formal untuk pendidikan, kami sesama anggota terkadang melakukan kegiatan di alam (namanya juga pecinta alam masa di MALL siiiii).. yang paling sering adalah mendaki gunung atau orang sunda bilang HIKING ,,dan yang paling sering kita kunjungi adalah Gunung Gede Pangrango yang terletak di antara Cianjur-Bogor-Sukabumi
dengan pendaftaran resmi di Cibodas.
Salah satu pendakian yang paling berkesan adalah pada waktu acara "Sapu Sampah" yang diadakan oleh TNGGP (Taman Nasional Gunung Gede Pangrango).
Pada waktu itu datang undangan dari pihak TNGGP ke sekolah dan pihak sekolah seolah-olah acuh tak acuh saat kami menyerahkan undangan itu kepada kepala sekolah, memang saya akui pada waktu itu hubungan organisasi kami dengan sekolah (lebih tpatnya dg OSIS) kurang baik.....dan singkat cerita berangkatlah kami bertiga (Saya, Tiaz (lai), Chandra) dengan membawa surat ijin dr sekolah dan dana Rp. 30.000,- (untuk 3 orang)
Walaupun dikasih dana minim tp kami bertiga ttap mengikuti acra itu dengan kobaran api semngat.
Dengan masih memakai celana seragam sekolah kami meluncur k Cibodas (tidak lupa berdoa dulu tentunya) 
Dengan dana yang minim Tapi semangat lebih kuat dari baja kami mengikuti acara demi acara,,,1 kelompok kami ber 3 membawa sampah total 30 kg dr atas gunung di bagi menjadi 2 kantong plastik sampah besar.
Dengan hanya bermodalkan peralatan seadanya dan makanan berupa beras dan mie instan tidak ada coklat,roti,,biskuit,,snack dll tp kami punya semngat dan tekad yang kuat. kami turun di hari ke 3 dengan membawa 2 kantong plastik besar sampah yang setelah ditimbang ternyata masuk 10 kantong sampah terberat,,Setelah di undi percaya gk percaya 2 dari nomor peserta kami keluar dan mendapatkan doorprize berupa Carrier & Daypack dan tentunya 1 lembar Sertifikat untuk masing-masing orang..
Sungguh bukan hadiah yang kami cari, bukan sertifikat penghargaan yang kami inginkan, tapi kami hanya ingin memberi suatu bukti dan berbakti pada alam bahwa KPA GEMPALA bukan hanya sekedar nama, bukan sekedar organisasi pecinta alam tapi dapat berguna dan dapat memberikan kontribusi nyata untuk melestarikan alam.

Selain HIKING juga, kami sering sekedar latihan fisik main-main k MANANGEL yang berupa gunung kecil,,,kalo orang-orang sana c bilangnya "pasir". Karna orang-orang asli sana biasa bulak-balik MANANGEL untuk berkebun.
Selain k MANANGEL, kami sering juga mengunjungi salah satu situs Megalitik yang sudah di kenal d dunia yaitu GUNUNG PADANG (((udah sering masuk TV juga lohhhh))) " gk nyambung yaa" jhahah cuman skdar info..
Situs Gunungpadang merupakan situs prasejarah peninggalan kebudayaan Megalitikum di Jawa Barat. Tepatnya berada di perbatasan Dusun Gunungpadang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur. Luas kompleks "bangunan" kurang lebih 900 m², terletak pada ketinggian 885 m dpl, dan areal situs ini sekitar 3 ha, menjadikannya sebagai kompleks punden berundak terbesar di Asia Tenggara.
Selain kegiatan-kegiatan alam yang disebut diatas,,kita sering pula mengadakan acara siaturahmi ke rumah-rumah para anggota yang bertujuan untuk semakin menguatkannya jalinan silaturahin sesama anggota dan memperkokoh rasa persaudaraan. Biasanya inti dari acara ini adalah "NGALIWET" dan paling sering ditunggu-tunggu oleh para "kurawa-kurawa" yang kelaparan..jhahaahaha


Ada lagi acara yang pernah kami buat yaitu,,,PENDAKIAN MASAL
Judulnya aj Pendakian Masal tapi peserta yang ikut tidak lebih dari 10 orang, tapi tak apa
waktu itu angkatan saya yang menjadi DPH (Ank. XV) yang terdiri dari Tyaz (Ketua) Saya (Sekdis) Dini (Sekretaris) Galu (Bendahara 1) Devi (Bendahara 2) Erick & Aeris.
Acara itu kami buat sebagai peringatan hari bumi sedunia dengan kegiatan Hiking ke Gunung Gede
Dengan peserta hanya 10 orang dan panitia sedikit lebih banyak yaitu 15 orang,,jadi satu rombongan kami ada 25 orang.
Start dari Gunung Putri dan Pulang melalui Jalur Cibodas,,,,seperti yang kami rasakan pas waktu pertama kali naik gunung para pesertapun dilanda kelelahan yang sangat amat luarrrr biasaa (lebeee) terutama para kaum hawa,,,ada yang ngeluh cape,, ada yang pengen pulang lagi pokoknya macem-macem deh kya permen nano-nano (huaaua kgk nyambung).
Tapi memang rasa lelah akan sirna sudah ketika kita menginjakan kaki di alun-alun suryakencana & puncak Gunung Gede seperti negeri di atas awan sungguh maha karya ciptaan sang Pencipta penyeru sekalian alam ALLAH S.W.T. yang sangat sempurna.

Demikian sedikit ulasan tentang KPA GEMPALA dan sedikit cerita pengalaman saya dulu dengan alam,,,pasti banyak yang nyengir kata-katanya ko rancu banget yaa,,ko aneh bangett ya huahahaha namanya juga baru pertama nulis agan-agan.

Tidak lupa Salam Lestari & Salam Rimba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar